April 07, 2010

Newsgroup

Newsgroup berbeda dengan e-mail. Walaupun banyak memiliki persamaan dengan e-mail, sebenarnya artikel pada newsgroup tak sama dengan e-mail. E-mail adalah komunikasi pribadi. Anda menentukan secara tepat siapa penerima pesan Anda, baik itu satu orang atau satu kelompok penerima. Protokol yang digunakan pada e-mail adalah SMTP. Pesan yang Anda kirim akan masuk ke mailbox penerima-penerima yang telah Anda tentukan.


Artikel pada newsgroup adalah pesan yang disediakan untuk umum.Suatu komponen atau bagian dari internet yang memungkinkan user untuk mengirim atau menerima pesan dari user. Anda tidak bisa mengontrol siapa yang akan menerima pesan Anda kecuali sebatas memilih newsgroup-nya. Protokol yang digunakan pada newsgroup adalah NNTP (news to news transfer protocol). Artikel yang Anda kirim akan ditampilkan pada setiap news server yang menyediakan akses ke newsgroup yang Anda tuju. Untuk membaca artikel pada newsgroup Anda harus menggunakan program news reader.


Cara Akses ke Newsgroup
1. Pilih Options - Mail and News Preference - Server
2. Pastikan di News (NNTP) server adalah news.indo.net.id
3. Pilih Windows - Netscape News.
4. Pada waktu pertama kali anda akses ke Newsgroups, anda akan masuk ke news.indo.net.id. Bila anda ingin melihat semua news group yang tersedia, klik Options - Show All Newsgroups
5. Anda bisa mendaftar pada news yang anda sukai dengan cara memberi tanda check di dalam kotak Subscribe Check yang ada di samping nama newsgroup. Atau bila anda tahu alamat News group yang diinginkan, anda dapat mengetiknya di kolom location, lalu masuk ke File - Add Newsgroup.
6. Bila anda ingin melihat hanya newsgroups dimana anda terdaftar, maka pilih Options - pilih Shows Subscribe Newsgroups dan Show Active Newsgroups. Active Newsgroup mengandung artikel-artikel baru dimana anda terdaftar.
7. kemudian pilih artikel yang ingin anda baca.

Artikel Newsgroup didistribusikan melalui server “server berita” yang memiliki database artikel-ertikel. Dan dioperasikan oleh penyedia layanan internet, sekolah-sekolah, universitas dan perusahaan-perusahaan.


Tidak ada sentral atau pusat server dalam asus pendistribusian newsgroup. Artikel newsgroup di sebarkan/propagandakan dari satu server ke yang lainnya, dimulai dari sever dimana artikel itu pertama kali di poskan.


Newsgroup yang di moderasikan “moderated newsgroup” adalah pengecualian. Dalam kasus ini, artikel pertama-tama diteruskan melalui e-mail ke pengatur “moderator” untuk disetujui (persetujuan). Kemudian moderator mengeposkan/ mengirimkannya melalui servernya dan dari sini artikel di publikasikan seperti yang telah dikemukakan diatas. Moderator yang berbeda menggunakan server berita yang berbeda pula.


Idealnya, semua artikel dari suatu newsgroup dihantarkan ke semua sites (server-server berita) yang mengantarkan newsgroup. Ini berarti ketika mengirimkan satu artikel, hasil akhirnya akan menjadi ribuan copy/salinan di seluruh dunia.


Lebih spesifik lagi, ketika mengirimkan satu artikel, artikel itu akan menuju ke server berita local yang di kelola oleh penyedia layanan internet, perusahaan atau sekolah dari mana artikel itu dikirimkan. Server lokal ini yang nantinya akan mengirimkan salinan artikel lain yang bersedia untuk melakukan tukar-menukar artikel. Setiap administrator server membuat sendiri pengaturan pertukaran newsgroup masing-masing.


Untuk menyediakan tempat bagi artikel baru Setiap server berita menghapus artikel-artikel yang sudah lama, biasanya sekali sehari (bervariasi tergantung dari servernya bisa jadi dalam beberapa hari, atau mingguan atau lebih, jadi meski suatu artikel sudah expire di satu server, masih ada kemungkinan untuk menemukannya kembali di server yang lain).


For : Sumber

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More