Maret 25, 2011

GAME

Sejarah Singkat Game dan Perkembangannya

Game interaktif pertama kali diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann dengan nama “Chathode Ray Tube Amusement Device”. Mereka terinspirasi oleh teknologi layar radar yang memungkinkan user untuk mengendalikan titik vektor pada layar. Selanjutnya pada tahun 1952, A.S Douglas menciptakan permainan grafis pertama dengan nama Tic Tac Toe yang deprogram pada computer ESDAC. Pada tahun 1958 William Higinbotham mendesain video game, “Tennis for two” yang dimainkan pada alat oscilloscope di Brookhaven National Laboratory, New York. Tahun 1961 Martin Graetz, Steve Russell, dan Wayne Wiitanen mendesain “Spacewar!” di mainframe komputer PDP-1 pada Massachusetts Institute of Technology (MIT). Namun, semua game yang disebutkan diatas belum dibuat untuk tujuan komersial.


Game interaktif komersial pertama diciptakan pada tahun 1971 oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney dengan nama Computer Space. Game ini dibuat berdasarkan game Spacewar buatan Steve Russell namun dijalankan pada sebuah mesin yang dioperasikan dengan koin. Game ini menjadi pelopor game Arcade yang hingga saat ini masih banyak digunakan. Selanjutnya pada tahun 1972, Ralph Baer mendesain game console (game rumahan) pertama dengan nama Magnavox Odyssey yang dimainkan pada mesin “Brown Box” dengan menggunakan televise standar. Setelah diperkenalkannya game arcade dan game console, perkembangan game mengalami kemajuan yang sangat pesat, seperti munculnya Atari dengan game pong-nya pada tahun 1972 untuk versi arcade dan 1975 untuk versi console.

Platform

Platform mengacu pada kombinasi hardware dan software yang digunakan untuk menjalankan sebuah game. Seperti saat kita menyebut “game pc”, maka hal itu mengacu pada media yang digunakan untuk menjalankan game tersebut adalah sebuah personal computer.

Game console mengacu pada game yang dijalankan pada peralatan elektronik khusus yang dihubungkan pada televise. Contoh console adalah Nintendo, Sega, PlayStation, Xbox, Wii dan lain sebagainya

Handheld game mengacu pada sebuah game yang dijalankan pada perangakat elektronik portable dan biasanya berukuran kecil. Contoh HandHeld adalah Gameboy, Nintendo DS, PlayStation Portable dan lain sebagainya.

Arcade game mengacu pada sebuah game yang dijalankan pada sebuah mesin yang didesain secara khusus untuk menjalankan satu jenis game saja dan bisanya dimainkan dengan cara memasukkan koin kedalam mesin.

Genre

Sebuah video game, seperti kebanyakan bentuk media yang lain, dapat dikategorikan kedalam berbagai genre berdasarkan atas banyak faktor seperti metode yang digunakan untuk menjalankan game, tujuan game, art style dan masih banyak lagi. Saat ini terdapat banyak sekali genre game yang ada, seperti Role Playing Game (RPG), Action, Racing, Figthing, Sport, dan masih banyak lagi. Beberapa genre merupakan perpaduan dari beberapa genre seperti Massively Multiplayer Online RPG.

Klasifikasi

Tidak seperti genre, klasifikasi sebuah game didasarkan pada tingkat kesulitan game, secara umum klasifikasi game dibagi menjadi 3, yaitu Core games, Casual games, dan Serious game.

Core Games

Core games biasanya didefinisikan berdasarkan intensitas game, depth of play atau skala produksi dari suatu game. Core game biasanya dilihat berdasarkan gameplay yang tidak terlalu mudah. Contoh game yang termasuk klasifikasi ini adalah Final Fantasy, Call of Duty series, Patapon dan masih banyak lagi.

Casual Games

Casual game, seperti namanya, menggambarkan game-game yang mudah dimainkan dari segi gameplay. Contoh game yang termasuk game ini adalah Tetris, Solitaire, Minesweeper dan masih banyak lagi.

Serious Games

Serious game adalah game yang didesain dengan tujuan utama untuk mendapatkan informasi atau pengalaman. Contoh serious game adalah Microsoft Flight Simulator, Second Life dan lainnya.

for : sumber

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More