November 15, 2011

Kiat-kiat untuk memulai usaha

Apabila kita ingin memulai suatu usaha tentu saja kita harus memiliki beberapa hal sebagai pegangan awal. berikut kiat-kiat dalam memulai bisnis :

·          1. Mempunyai mimpi dan obsesi
 Dalam hidup, manusia harus mempunyai mimpi yang harus diraih. Begitu juga dalam bisnis. Ini sangat penting agar manusia itu memiliki tujuan yang harus dicapai. Kemudian jadikan mimpi dan obsesi anda tersebut sebagai motivasi dalam menjalankan usaha anda tersebut. Jadi mimpi anda tersebut dapat anda nikmati sekaligus anda jadikan langkah nyata dan kerja keras dalam membangun usaha anda tersebut.


·     2. Motivasi diri sendiri
Anda seharusnya bisa menjadi motivator bagi diri anda sendiri. selama anda mampu memotivasi diri anda sendiri, maka kesempatan anda untuk sukses akan semakin besar. karena motivator terbaik bagi diri anda adalah anda sendiri yang mengetahui kelemahan dan kekurangan diri anda sendiri.

·     3. Belajar dari orang lain
Tidak perlu mengalami suatu kegagalan terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran untuk terhindar dari kesalahan. Lebih baik anda mengumpulkan pengalaman orang yang sudah lebih dahulu terjun di bidang yang sama yang anda sedang geluti. Kemudian pelajari dan petik hal-hal yang baik dan tidak dari pengalaman orang lain tersebut.

·     4. Tentukan image merk (branding image)
Buatlah merk yang unik, menarik dan mudah diingat orang lain. Ini sangat penting bagi suatu perusahaan. Karena bila merk produknya akan berpengaruh terhadap cara pandang konsumen terhadap produk dari perusahaan tersebut.

·     5. Persiapkan konsep penjualan, manajemen dan administrasi yang memadai
Hal ini akan sangat penting bagi pengelolaan suatu usaha. Karena itu sebaiknya hal ini dipertimbangkan secara seksama pada awal pembentukan suatu usaha.


·     6. Promosi
Hal ini merupakan bagian yang penting agar orang lain dapat mengenal produk anda. Tetapi dalam melakukan promosi juga perlu diperhatikan biaya yang diperlukan agar tidak terlalu membebani perusahaan dan dampaknya terhadap kenyamanan konsumen. Promosi yang baik harus dilakukan secara efektif dan efisien. Media internet yang selalu berkembang merupakan contoh media yang dapat digunakan sebagai media untuk berporomosi selain brosur, pamflet, baliho, tv, radio, koran dan lain lain.

·     7. Pelayanan yang terbaik
Selalu berikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen serta mitra bisnis anda. Sehingga dengan pelayanan yang baik juga dapat menaikkan nilai brand perusahaan dan menjadi sebuah media promosi yang juga cukup efektif.

Semoga kiat ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi anda yang ingin memulai suatu bisnis.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More