Desember 27, 2009

Tips-tips merawat Flash Disk

Udah pada tau flash disk kan?? itu lohh, media buat menyimpan data yang populer dan bahkan sudah menggeser peranan floppy disk atau yang sering disebut disket.

Nah berikut ini, ada tips-tips buat ngerawat flsh disk :

1. Jauhkan dari medan magnet
Jangan pernah nyimpen flash disk deket sama barang-barang yang mengandung medan magnet, seperti misalnya tv, handphone, dll. Karena sangat tidak baik untuk flash disk kita lohh.

2. Jangan sampai kena air
Walaupun ada beberapa merk yang mengklaim waterproof, tapi lebih baik tetep jauhkan dari yang namanya air. Karena air tetep aja gak bisa baekan ma yang namanya alat elektronik. Daripada kehilangan data mending gak usah ambil resiko kan?

3. Scan dari virus
Saat memindahkan data, bisa jadi bukan hanya data saja yang berpindah loh, tetapi virus juga ikutan berpindah. Nah, untuk itu kita harus men-scan flash disk kita dari virus secara berkala. Supaya flash disk kita aman dari ancaman virus.

4. Jangan terlalu sering memformat flash disk
Kalo flash disk kita kena virus dan udah gawat, kadang kita milih buat mem-format flash disk tersebut. Nah daripada keseringan di format mendingan dijaga supaya flash disk kita gak kena virus kan?

5. Proses eject, stop, atau safely remove
Usahakan selalu melakukan proses eject atau safely remove. Karena kalau tidak melakukannya, bisa membuat flash disk rusak loh. Selain itu bisa juga mempengaruhi data yang terdapat didalamnya loh.

6. Jauhkan dari tempat panas
Semua barang elektronik, temasuk flash disk sangan rentan terhadap panas. Karena itu usahakan sealu jauhkan flash disk di letakkan di tempat panas atau yang terkena sinar matahari langsung.

7. Hindari benturan keras
Sama seperti manusia, kalau mengalami benturan keras bisa membuat flash disk rusak atau bahkan mengalami kematian loh.

8. Tutuplah selalu
Udara dan lingkungan kita kotor dan penuh debu. Karena itu, usahakan flash disk kita selalu dalam keadaan tertutup jangan malah dihilangkan penutupnya.

9. Minimalisir proses hapus-tulis
Flash disk memiliki usia juga layaknya manusia loh. Maksudnya, suatu saat flash disk bisa mati dan tidak dapat digunakan lagi. Usianya berbeda-beda tergantung kualitas dan merk, biasanya usianya antara 10.000-100.000 kali proses hapus-tulis. Jadi usahakan meminimalisir proses tersebut dan jangan mengedit langsung dari flash disk.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More