Oktober 25, 2010

BAB III : Pemrosesan desain grafik

Art direction

Art direction adalah sebuah proses yang memandu pembuatan unsur visual design. Sebuah art director memanfaatkan dan mengintegrasikan berbagai elemen dalam design untuk menghasilkan suatu tampilan tertentu dan merasakan karya seni yang dihasilkan sehingga berisi ekspresi yang diperlukan dan menyampaikan pesan yang tepat.



The art director

Art director mengorkestrakan proses kreatif visual dari sebuah proyek dan memutuskan estetika yang akan dimiliki oleh sebuah desain. Art direction tidak mengambil foto, menghasilkan suatu ilustrasi, membangun set atau gaya model di dalam suatu pemotretan, tetapi dia akan menentukan arah dan tujuan visual dari arah proyek. Direction yang disediakan oleh art director akan focus ke upaya kreatif dari tim kerja, yang mungkin termasuk seorang fotografer, illustrator dan pengembang citra computer.


Desainer grafis menempati peran sentral dalam proses desain, koordinasi dan menyatukan berbagai elemen desain yang ditugaskan dari individu dengan spesialisasi yang berbeda-beda. Posisi sentral ini berarti adalah umum bagi mereka juga untuk menempati peran art director. Seorang desainer akan memiliki peta mental dari tampilan akhir pekerjaan seperti apa yang mereka inginkan dan akan mengkomunikasikan gagasan ini kepada fotografer, illustrator, penata gaya, dan lain-lain, dalam rangka mencapai tampilan yang diperlukan ini mungkin melibatkan penentuan pallet warna yang luas untuk digunakan selain yang sudah kita miliki untuk menyelesaikan query ad-hoc selama produksi berbagai elemen.


Art direction focus pada pencapain hasil visual tertentu, yang mungkin terinspirasi oleh pengaruh-pengaruh yang beragam seperti trend an mode saat ini, perspektif sejarah atau futuristic, tema tertentu, seperti teknologi canggih, atau adegan pastoral, atau sikap atau emosi, tergantung pada hasil yang diperlukan. Adalah tugas art director untuk memastikan bahwa hal ini terjadi.


Hasil art direction yang sukses dalam desain koheren dan terpadu adalah yang targetnya mendapat kredibel dan/atau tertarik. Desain yang dihasilkan dari proses ini bisa sangat kuat, dan itu adalah art direction yang bertanggung jawab untuk menghasilkan gambar yang menambah banyak nilai pengembangan merk.




Sumber :

Book Title : Fundamental of Graphics Design

Author : Gavin Ambrose and Paul Harris

Chapter 3 The Graphic Design Proccess

- Art Direction page 96 - 97

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More