Oktober 18, 2010

Symbian Mobile OS

Symbian S60 Mobile Operating System

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang tentang Symbian S60 Mobile Operating System.

Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile).


Sebelum Nokia mengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd. yang tidak dimilikinya pada 24 Juni 2008, Symbian dimiliki Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic(10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%).


A. Kelebihan

Ponsel dengan Symbian OS memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding dengan generasi sebelumnya, hal ini dikarenakan system operasi ini dibekali dengan kemampuan :

· Dirancang sebagai gabungan kemampuan computer dengan ponsel.

· Bersifat open application environment yang memungkinkan ponsel menjadi
sebuah platform bagi pengembangan berbagai aplikasi dan layanan (bahasa
dan konten).

· Open Standard dan interoperability, modul-modulnya mudah diimplementasikan secara fleksibel karena mendukung berbagai aplikasi teknologi dan pemrograman interface (APIs).

· Multitasking, yang menekankan pada object oriented dan component based.

· Flexible user interface design sehingga mudah dikembangkan dengan inovasi yang diinginkan.

· Robustness, memiliki kemampuan mengakses data dengan cepat dan menjamin
keutuhan data, mampu mengurangi keterbatasan memori, penyimpanan dan
tenaga dari perangkat komunikasi yang saat ini ada.


B. Kelemahan

OS ini bukannya tanpa memiliki kelemahan. Ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh OS symbian, diantaranya adalah :

· Karena memiliki system operasi terbuka, handphone ini sangat rentan terhadap serangan virus.

· Handphone ini sangat mudah mengalami hang, atau lambat dalam membuka gallery, lagu, serta layanan pesan singkat(sms).

· OS ini membutuhkan penggunaan ram yang lebih besar disbanding dengan hp dengan OS lain seperti java, sebagai perbandingan ponsel dengan OS symbian bisa memakan ram hingga 128mb sedangkan ponsel dengan OS java hanya menggunakan ram sebesar 12mb. Hal ini berbeda tergantung tipe ponsel.



Symbian

SYMBIAN adalah sistem operasi yang tak bebas bergerak yang dikembangkan oleh Syambian Ltd yang dirancang untuk peralatan bergerak seperti mobile.

Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi MOBILE pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antarmuka yang didefenisikan pada level aplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi (dan juga variabelkernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam. serta struktur data) yang mengelola/memanggil

Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi.

Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.


Klasifikasi Sistem Operasi

Klasifikasi ini berdasar fungsionalitas dan hak akses dari API tertentu. Tujuan dari pendefinisian sistem ini selain untuk membedakan API mana saja yang bisa diakses oleh aplikasi yang dibuat oleh pihak pengembang aplikasi, juga tetap memelihara integrasi dari layanan yang disediakan bagi pihak pengembang aplikasi dengan API yang umum digunakan. Hal ini juga dilakukan untuk memaksimumkan interoperabilitas antara berbagai produk yang menggunakan Symbian OS.

Terdapat empat kategori dalam klasifikasi API yang tersedia, yaitu:


(API) Symbian Umum

Komponen ini merupakan komponen (API) inti dari Symbian OS. Setiap pengembang aplikasi dapat berasumsi bahwa komponen ini terdapat pada setiap versi Symbian OS sehingga dapat digunakan pada setiap perangkat telepon bergerak yang menggunakan Symbian OS sebagai sistem operasinya. Dengan kata lain setiap kode program yang hanya menggunakan API pada kategori ini dapat dikompail dan dijalankan tanpa kesalahan pada setiap telepon yang menggunakan Symbian OS. Dengan adanya lisensi kerjasama, pengembang aplikasi dapat menambahkan dengan syarat tidak mengganti ataupun mengubah fungsi API standar


(API) Symbian Umum Tergantikan

Komponen yang memerlukan kostumisasi dari komponen Symbian Umum yang diperlukan untuk bekerja dengan ROM dari sistem dimana ia diinstal. Komponen ini merupakan komponen yang bekerja pada low-level dari hardware tertentu. Untuk mendapatkan komponen ini pihak pengembang aplikasi memerlukan lisensi dengan pihak Symbian karena versi komponen ini disediakan oleh pihak Symbian. Namun pada dasarnya komponen ini merupakan komponen standar (umum) yang tersedia pada semua versi Symbian OS.


(API) Symbian Opsional

Komponen-komponen ini sifatnya opsional (tidak selalu ada) pada semua versi Symbian OS. Namun jika tersedia, maka pengembang aplikasi mendapat jaminan bahwa aplikasinya dapat menggunakan API pada kategori ini pada versi Symbian OS yang sama.


(API) Symbian Opsional Tergantikan

Bentuk kategori ini mirip dengan kategori Symbian Opsional adalah kumpulan API yang tidak terikat dengan API umum yang ada pada versi Symbian OS dan dapat ditambahkan oleh pihak pengembang dengan suatu lisensi dari pihak Symbian.



Versi pertama yang menerapkan platform terbuka adalah Symbian OS versi 6.0 ditahun 2000 yang dipergunakan untuk ponsel Nokia 9210 dan 9290 Communicator. Kemudian dilanjutkan dengan versi 6.1 di awal tahun 2001 yang dipergunakan untuk ponsel Series 60 Platform yaitu Nokia 7650 dan 3650 imaging phones.


Contoh ponsel yang menggunakan OS symbian S60 :

Nokia N-Gage, Nokia 3660/3620, Nokia 7650, Nokia 3650/3600, Nokia 9290 Communicator, Nokia 9210/9210i Communicator, Foma F2102V, Foma F2051, Foma F900i, Sendo X, Siemens SX1, Samsung SGH-D700, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan di ponsel dengan OS symbian s60 :


  • Handy-zip

Handy-zip adalah aplikasi yang digunakan untuk mengecilkan ukuran.mengompress suatu objek file. Sebagai contoh : missal ada 5 buah gambar akan dijadikan 1 buah file. Hasil dari pengompressan tersebut adalah sebuah file dengan ekstensi .zip. aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuka/mengekstrak file dengan ekstensi .zip.


  • Music-player

Aplikasi ini adalah aplikasi pemutar mp3 yang handal pada handphone anda. Aplikasi ini adalah aplikasi bawaan asli hp N70 Dan N90 mungkin dari anda yang mempunyai hp selain itu ingin mencobanya pada hp anda lumayan bukan buat pelengkap.
Aplikasi ini memutar mp3 secara stereo dan bisa maen di latar belakang. Tapi memang agak lama memperoses jika file mp3 nya banyak. Mungkin anda tertarik? Mempunyai aplikasi mp3 versi hp yang lain selain hp di tangan anda. Music playerlah jawabannya.


  • PowerMP3

Aplikasi ini juga sama fungsi dan kegunaanya yaitu sebagai pemutar mp3 namun bentuk dan tampilannya seperti winamp pada desktop atau pc.
Aplikasi ini juga di lengkapi dengan equalizer sebagai pengatur suara. Jadi suara musiknya bisa makin bervariasi.


  • Search

Search adalah aplikasi pencarian alamat-alamat web, yahoo, windows live, dll. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan tampilan peta/map viewer. Aplikasi ini memang sudah bawaan dari vendor nokia. Namun apabila sudah dihapus, maka bisa di download kembali.


  • Smartmovie

Samartmovie merupakan salah satu pemutar file berkestensi .avi. jadi bila anda mempunyai file dengan ekstensi .avi, maka Smartmovie bisa dijadikan pilihan.


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, OS Symbian sangatlah rentan terhadap serangan virus. Dan ini merupakan beberapa contoh virus yang sering ditemukan di ponsel dengan OS symbian


1. Cabir

Ditemukan: Jun 2004

Nama alias: SymbOS/Cabir.A, EPOC/Cabir.A, Worm.Symbian.Cabir.a, Caribe

Target: Handphone Symbian s60v2

Tersebar melalui: Bluetooth

Kerusakan: memberlambat kinerja handphone

Cabir merupakan worm yang menyebar melalui koneksi Bluetooth dan masuk ke inbox pesan dengan nama yang menarik. Jika file tsb dibuka dan di install, Cabir akan mulai mencari sasaran ponsel lain yang sedang terbuka akses sambungan Bluetooth-nya untuk menyebar. Cabir akan mengaktifkan Bluetooth secara periodik, sekitar 15-20 menit sekali, untuk mendapatkan sasaran handphone lain. Tidak ada kerusakan berbahaya, tetapi baterai hp akan habis lebih cepat karena bluetooth terus menerus digunakan.


2. Skulls

Ditemukan: November 2004

Nama alias: SymbOS.skulls, skulls.sis, Extenhded theme.sis

Target: handphone Symbian

Tersebar melalui: Internet

Kerusakan: handphone tidak bisa digunakan lagi selain untuk menelpon dan menerima panggilan

Ketika terinstall, Skull H akan menampilkan notification message: “Install beta_092_free-sms-RM8″ dan Skull S menampilkan pesan “Install BlueNum Stealer”, dan beberapa pesan aneh lainnya. Jenis Trojan ini merusak sistem dan menyebabkan menu icon berubah menjadi icon tengkorak. Tidak hanya dapat mengubah icon, Skull dapat merusak semua aplikasi yang icon-nya telah diubah. Biasanya ketika aplikasi yang terinfeksi akan dibuka maka yang akan muncul adalah error message.


3. ComWarrior

Ditemukan: Jan 2005

Nama alias: random

Target: Handphone Symbian s60v2

Tersebar melalui: Bluetooth dan MMS

Kerusakan : Mengirim virus replikasi melalui MMS untuk semua nomor dalam contacs, menghabiskan pulsa

Virus ini keberadaan nya sering tidak disadari karena nama yang digunakannya tidak tentu. Serangan jenis virus ini sangat bervariasi, tetapi yang paling umum adalah virus akan menyebar melalui Bluetooth. Beberapa varian dari virus ini juga akan mengirim MMS acak ke nomor yang tersimpan di contacs. Varian terakhir yang ditemukan adalah Commwarrior T. yang menulari Symbian 8.1 (s60v2) atau versi sebelumnya. Virus ini akan menyebar dan kadang-kadang membuka halaman HTML.


4. Locknut

Ditemukan: Mar 2005

Nama alias: unknown

Target: Symbian s60

Tersebar melalui: Internet download

Kerusakan: crashing sistem handphone (ROM)

Locknut atau SymbOS.Locknut adalah Trojan yang menggunakan backdoor dalam sistem Symbian S60. Virus ini berbahaya karena dapat mengubah data binary (file ekstensi .bin) dalam ROM handphone dari sistem, dan menyebabkan sistem operasi handphone berhenti. Locknut E, salah satu varian dari virus ini, akan merusak file-file penting dalam sistem Symbian dan menyebabkan aplikasi yang terinfeksi tidak dapat dibuka. Dengan cara ini, lama-kelamaan handphone akan terkunci secara total.


5. Fontal

Ditemukan: April 2005

Nama alias: unknown

Target: ponsel Symbian s60

Tersebar melalui: Internet download

Kerusakan: Mengunci handphone sejak pertama dinyalakan sehingga tidak dapat digunakan.

Jika Locknut mengunci handphone secara bertahap, maka Fontal akan mengunci handphone sejak pertama kali dinyalakan.


6. RommWarr

Nama alias: theme.sis, xxx.sis, Britney_.sis, atau nama-nama menarik lainnya yang memancing lo untuk melakukkan instalasi

Target: Symbian s60

Tersebar melalui: bluetooth, MMS, dan internet

Kerusakan: menyebabkan handphone tidak dapat melakukkan booting, sering restart sendiri

Bila proses instalasi berjalan, layar akan menampilkan pesan seperti ini: “Install Stoper by WarriorMarrior?” RommWar terdiri dari 4 varian yakni A,B,C dan D yang kesemuanya memiliki fungsi menyebabkan handphone tidak dapat melakukkan booting, sering restart sendiri, mematikan fungsi tombol power, dan mencegah handphone untuk menyala saat dinyalakan.


7. Doomboot

Ditemukan: -

Nama alias: Doom_2_wad_kracked_by_DFT_S60_v.1.0.sis (menyamar sebagai mobile games Doom 2), exoVirusStopv2.13.19 (menyamar sebagai program antivirus)

Target: symbian s60

Tersebar melalui: bluetooth

Kerusakan: membuat file corrupted, mencegah reboot handphone, jika berhasil reboot maka harus melakukkan hard-reset

Doomboot termasuk jenis virus Trojan. Banyak varian yang telah ditemukan, seperti Doomboot A, C, L, F, G, dan P. Doomboot A membuat file corrupted, dan setelah menjangkiti suatu file, ia akan menempatkan virus lain seperti CommWarrior.B ke dalam handphone. File yang rusak akan mencegah handphone untuk menjalankan rebooting. Selain itu, virus ini juga menyebabkan baterai akan cepat habis karena terus menerus menggunakan koneksi bluetooth.


8. CardTrap

Ditemukan: -

Nama alias: menyamar sebagai game terkenal seperti Kingkong, Half Life, Battlefield 2, dll. Terkadang juga menyamar sebagai aplikasi misalnya SeleQ 1.7 – kracked TNT.sis

Target: handphone Symbian s60 dan PC berbasis Windows

Tersebar melalui: memory card

Kerusakan: menyebabkan aplikasi penting menjadi malfungsi, kekacauan sistem, merusak fungsi beberapa tombol

Virus handphone pertama yang dibuat untuk juga menyerang komputer berbasis Windows. Ia akan menaruh 2 file virus ke dalam memory card handphone. Banyak varian telah ditemukan, seperti CardTrap P, Q, R, S hingga alphabets ganda seperti CardTrap AA, AG, AJ, dll. Cardtrap merusak sistem dengan mematikan beberapa aplikasi penting, terutama aplikasi antivirus. Jika memory card yang terkena virus ini dihubungkan ke PC, maka CardTrap akan menanam dirinya sendiri ke PC tsb dan menyebarkan diri.


9. PBStealer

Ditemukan: -

Nama alias: ChattingYuk.sis, PBCompressor.sis

Target: handphone Symbian s60

Tersebar melalui: bluetooth

Kerusakan: mengeksploitasi nomor kontak, daftar agenda, database dan notepad

PBStealer adalah virus handphone yang berasal dari Indonesia, berbanggalah kita dengan Indonesia… hahaha. Virus ini akan mengcopy data-data penting di handphone kita semisal contacs, to-do list, notes, dll kedalam format .txt dan kemudian akan disebarkan ke handphone lain semisal bluetooth. Sekilas terlihat tidak berbahaya tapi bagaimana jika ada data penting kita yang disebarkan dan digunakan untuk tujuan kriminal?


10. AppDisabler

Ditemukan:-

Nama alias: -

Target: Symbian

Tersebar melalui: bluetooth, MMS

Kerusakan: menginstall virus-virus lain yang berbahaya sekaligus, seperti Locknut, Cabir serta Skulls, sehingga menyebabkan seluruh sistem operasi terhenti.

Bisa dikatakan, inilah virus handphone paling berbahaya yang pernah ada karena menggabungkan beberapa jenis virus sekaligus. Jika virus ini sudah merasuki handphone kita, kita bisa melakukan langkah-langkah memprebaikinya

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More